Kamis, 18 Desember 2008

Tugas Kriptografi..

Key Generating dengan Memanfaatkan Data Hasil Pengukuran Gempa
oleh
Maulana Andika Hasditama
Bogor

Abstraksi

Persandian atau kriptografi sangat erat hubungannya dengan keamanan ancaman informasi. Bagaimana suatu sistem mengamankan suatu berita agar terhindar dari ancaman lawan, bergantung pada kekuatan sistem sandi yang digunakan. Kuatnya sistem sandi berkaitan dengan tingkat keacakan kunci untuk menyandi. Semakain acak kunci sistem sandi, maka semakin sulit pula bagi kriptanalis untuk menganalisa atau memecahkan suatu sistem sandi.
Seismograf adalah alat untuk mencatat gerakan tanah dan mengukur besarnya suatu gempa. Besarnya intensitas atau kekuatan gempa bumi diukur, dan dihasilkan data yang berupa grafik dinamakan seismogram. Data hasil pengukuran gempa yang berupa data analog ini, secara teori bersifat acak dan tidak dapat diramalkan komposisinya karena berasal dari natural source.
Oleh karena itu, penulis mempunyai pemikiran umtuk memanfaatkan data hasil pengukuran gempa bumi dari seismograf agar data analog yang ada dapat diubah kedalam data digital yang nantinya akan diaplikasikan kedalam proses pembangkitan kunci dalam suatu sistem sandi, yang berguna dalam penerapan persandian.

Tidak ada komentar: